Tidak hanya memiliki beragam jenis kebudayaan seperti keris serta wayang, mempunyai beragam flora serta fauna yang khas, dan mempunyai beragam jenis bahasa yang unik serta menawan, nyatanya Indonesia juga mempunyai beragam seni bela diri yang bahkan juga telah sangatlah di kenal oleh dunia. Beragam type seni bela diri itu bahkan juga sudah dilombakan dalam beragam arena internasional seperti SEA GAMES serta sudah mempunyai beragam induk organisasi di sebagian belahan negara. Apa sajakah type seni bela diri itu? Simak penjelasan komplitnya di bawah ini.

PENCAK SILAT

pencak silatSilat adalah suatu seni bela diri yang datang dari suku Melayu. Suku Melayu adalah suatu suku yang sebagian besar penduduknya menempati daerah pesisir Sumatera serta Semenanjung Malaka. Beberapa ulama adalah kelompok yang sangatlah berjasa atas penyebaran pengetahuan silat di beberapa belahan Indonesia. Beberapa ulama mulai menebarkan pengetahuan silat mulai sejak era ke-14 waktu agama islam mulai masuk serta menebar di Indonesia. Awalannya, beberapa ulama memberi pengetahuan silat di sela-sela pelajaran agama yang mereka tunjukkan di beberapa surau. Bersamaan dengan berjalannya waktu, silat memperlihatkan perubahan yang demikian cepat. Bahkan beritanya saat ini silat di ajarkan oleh beberapa ribu aliran di semua dunia. Diluar itu, silat saat ini juga dipertandingkan dalam ajang-ajang internasional seperti SEA GAMES serta tengah di promosikan juga sebagai salah satu cabang olah-raga yang bisa dipertandingkan di Olimpiade. Silat juga mempunyai induk organisasi yang jumlahnya meraih 33 organisasi di semua dunia


TARUNG DERAJAT

tarung derajatTarung Derajat adalah satu seni bela diri yang lebih menekankan sisi agresivitas serangan dalam memukul serta menendang musuh dan mendalami beragam tehnik sapuan angin, bantingan serta kuncian. Seni bela diri asli Indonesia ini pertama kalinya di ciptakan oleh seseorang warga negara Indonesia bernama Achmad Dradjat. Pengembangan Tarung Derajat sangatlah di inspirasi dari beragam pengalaman yang di dapatkan oleh Achmad waktu ia tengah melakukan beragam kompetisi jalanan seputar tahun 1960-an di Kota Kembang, Bandung. Saat ini, Tarung Derajat sudah disadari secara resmi juga sebagai olah-raga nasional serta biasa dipakai juga sebagai pelatihan basic oleh TNI-AD (Angkatan Darat). Uniknya, Tarung Derajat juga mempunyai suatu semboyan yang berbunyi, “Aku Ramah Bukanlah Bermakna Takut, Saya Tunduk bukanlah Bermakna Takluk”. Sesudah diakui oleh KONI sebagai salah satu cabang olah-raga, Tarung Derajat juga kerap dilombakan dalam ajang-ajang nasional serta internasional seperti PON (Pekan Olah-raga Nasional) serta SEA GAMES 2013 Myanmar.

SILEK MINANGKABAU

silek minangkabauSilek atau Silat Minangkabau adalah suatu seni bela diri yang datang dari tanah Minangkabau, Sumatera Barat. Seni bela diri ini diwarisi dengan cara turun-temurun oleh generasi-generasi penerus. Silek Minangkabau adalah suatu seni bela diri yang umum dipakai juga sebagai bentuk pertahanan diri yang umumnya dipakai oleh orang-orang Minangkabau waktu mereka tengah ada dalam rantauan. Mulai sejak dahulu orang-orang Minangkabau memanglah di kenal sangatlah gemar merantau ke negeri seberang.


BAKTI NEGARA

bela diri bakti negaraBakti Negara adalah seni bela diri asal Bali yang berlandaskan atas ajaran Hindu Dharma Orang-orang Bali Tri Hita Karana. Seni bela diri ini mulai dibuat pada tahun 1955 di daerah Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali, oleh sebagian orang pendekar yang disebut bekas pejuang kemerdekaan Indonesia. Pendekar-pendekar pendiri Bakti Negara itu adalah I Bagus Made Rai Keplag, Sri Empu Dwi Tantra, Anak Agung Rai Tokir, Anak Agung Meranggi serta Ida Bagus Oka Dewangkara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *